Brompiters

ini adalah sebuah cerita kecil yang terselip di sela2 kemeriahan Idul Fitri 1430 H beberapa hari yang lalu.

dan ini ( sebenernya ) cuman bisa2nya om saya aja..hihi..

jadi ceritanya pas Lebaran hari kedua yang jatuh pas hari senin tanggal 21 September kemaren, saya dan keluarga pergi mengunjungi sanak saudara dan handai taulan-halah-yang berdomisili di Purwodadi sana. Rumahnya adeknya eyang saya. jadi..eyang saya itu punya adik,na..adiknya itu tinggalnya di Purwodadi, trus adeknya eyang saya itu..wes..pokokmen ngono lah..

berangkat pukul 11 am, family car itu pas diduduki 7 orang..no kids allowed, karena pasti akan kecapekan. lagian pasti engga akan muat lagi..sudah penuh sesak karena saya tambahi benda2 pribadi saya…benda2 pribadi disini adalah bantal2, minuman2, kue2…laptop. tapi kue2 itu bukan sebagai oleh2 lho ya..melainkan sebagai teman saya di perjalanan..hihihi..šŸ™‚ – ayu2 nGgragas –

kemacetan sudah mulai terasa sejak mau masuk jalan tol yang bisa dilewati melalui jalan sempit di jalan Durian banyumanik..ya..ya..saya memang tidak pandai menggambarkan jalan..kemacetan justru terlihat di jalur yang mau ke Ungaran- Jogja, sedangkan jalur yang menuju Purwodadi malah lega bin lancar..

keluar jalan tol..saya malah baru tahu kalo ada Giant yang bener2 giant disitu..tapi kok panas gitu ya parkirannya ?? dan tanah kosong di sampingnya itu..saya bertanya2, mau dibikin apa nantinya..ketika saya serius bertanya, om saya malah jawabnya usil ” mungkin mau dibikin Tsuneo disampingnya.. “..hayah..

sepanjang jalan menuju Purwodadi..padet banget, panas pula..dan..ini dia..ternyata setelah saya mat-mat-ke..( perhatikan-Red ), jumlah orang2 yang naik motor jumlahnya banyak sekali..bahkan mungkin jumlahnya melebihi pengendara mobil..entah mereka ini pemudik atau bukan, tapi dibandingkan tahun lalu ketika saya ke Purwodadi, kali ini jumlahnya lebih banyak..

ketika mobil benar2 tak bisa berkutik karena macet, justru pengendara motor ini bisa bergerak dengan lincah. mlipir ke kanan, masuk di celah sempit antara mobil2, mlipir kiri..bahkan sampai ke suket2 di pinggir aspal pun mereka lewati.. saya cuman bisa geleng2 kepala melihatnya, kasihan..

bagaimana tidak..lha wong motor bebek yang idealnya hanya bisa dijagongi 2 orang, seringkali ” dipaksakan ” untuk lebih dari dua orang..bayangkanlah..satu keluarga, naik motor bebek..ayah di depan, satu anak di tengah, ibu di belakang, bawa tas ransel, kardus yang entah isinya apa..jaket seadanya, tanpa kaus tangan,..kadang si anak di depan..tanpa helm atau kacamata sedikitpun..ada yang sampai ketiduran hingga ibunya harus nyangga kepala si anak…panas terik pula..huff..dalam hati saya berharap, semoga ketika saya punya anak nanti, saya sudah diberi kelebihan rejeki untuk membeli roda empat..biar ketika mudik ke tempat eyangnya, anak saya tak perlu berpanas2 ria, berdebu2 ria, dan menanggung resiko keselamatan karena harus mudik by motorcycle..*pijet2 pundak si Beb

kesemrawutan ini tak jarang mengganggu laju mobil2..memperlambat. ada yang langsung ambil kiri jalan, langsung nyebrang..walah..

dan karenanya, om saya jadi berceloteh..” Brompiters ki..rak nggenah ik..”

hm..brompiters..lucu juga istilahnya..dari kata ” brompit ” yang berarti sepeda motor, ditambahi akhiranĀ  “-ers ” yang bisa berarti ” pengguna “, atau ” yang memakai “.

sampai sore hari ketika akan balik ke Semarangpun, jumlah brompiters ini masih banyak juga..ck..ck..ck..

cerita ini berlanjut sampai pas saya harus pulang ke kota tempat saya cari duit..mulai dari Ungaran-Ambarawa-Temanggung..wes jan..full of brompiters..

sampai rumah pun, ibu saya cerita kalau kakak saya kemarin juga datang, dari Jakarta, bersama istrinya..and guess what ? naik sepeda motor ! walah..

kalau menurut saya,Ā  sebagian brompiters ini egois. kenapa egois? ya karena mereka nekat. okelah, kalau mereka memang mudik sendirian, atau berdua, tanpa banyak bawaan.tapi kalau mereka harus bawa2 anak, dengan bawaan yang banyak, jarak jauh pula..untuk alasan ekonomis dan ke praktisan, mereka memang dapet. tapi apakah mereka engga kasihan sama anak istrinya? bapak2..mbok yao jangan egois..naek angkutan umum kan bisa to..bisa sambil tidur, sambil selonjor, anaknya engga kepanasan, engga kelilipan..

buat sebagian dari anda mungkin juga brompiters, alangkah lebih baikĀ  jika anda mempersiapkan segala sesuatunya secara lengkap. cek kondisi motor, pengamanan lengkap, jaket, helm, kacamata..pertimbangkan jika anda membawa anak istri dan bawaan banyak..just don’ t be selfish.

tapi kalau menjadi brompiters memang pilihan anda, sumonggo..

brompiters


Leave a Reply

