Tentang Si Doel

sudah sebulan ini saya jobless, bosan sih kadang, tapi saya benar2 menikmati, karena tiga tahun kemaren, tenaga dan pikiran saya benar2 terkuras habis untuk mencari sesuap nasi. *halah*. jadi, saya menganggap, ini adalah cuti panjang saya, walaupun tetep sambil cari2 kerja baru..hehe..

hal2 yang tadinya tidak bisa saya lakukan selama bekerja pun, sekarang jadi ter-‘jamah’ lagi. satu diantaranya ; nonton tivi pagi2..heheh..susah loh, nonton tivi pas jam kerja..bahkan LCD2 di kantor pun acaranya mboseni..seputar iklan produk sama kurs harian..hoho..yaiyaalaahh…

acara di tivi pagi2…gosip..sinetron nggak jelas,berita,musik2..eh…ada serial favorit jaman dulu !! judulnya Si Doel Anak Sekolahan ( SDAS ). waahhh..jadi inget jaman dulu..serial ini pernah jaya banget tahun 90-an, jaman saya masih SD. hehe..yuk kita balik ke belakang sebentar…

waktu itu SDAS sempet laris banget, soalnya, pertama, waktu itu belum banyak sinetron kayak sekarang, kedua, SDAS tayang di waktu ‘Prime Time’. Di dunia per televisian, waktu yang paling diunggulkan sama stasiun tivi buat menyiarkan program2 yang dijagokan ya pas Prime Time ini, yaitu antara jam 7 pm sampai jam 11pm ( pernah baca dimana gitu,mbuh lupa..hehe..tapi beneran lho! ), gampangannya, Abis Isya’ – lah. Kenapa demikian ? soalnya, kebanyakan pemirsa sedang ada dirumah pas waktu ini, jadi, tayangan2 unggulan diprediksikan banyak ditonton. jika suatu tayangan banyak ditonton, maka naik lah ratingnya, jika ratingnya naik, maka untunglah si empunya stasiun tivi. jika pemilik stasiun tivi untung…..ah..nggak selese2 nanti..hehe.

saya termasuk pemirsa ( pemirsa atau penonton sie ??) setia SDAS. hampir tiap episode nggak pernah ketinggalan. bahkan pernah pas bulan puasa, SDAS pindah jam tayang pukul 9.30 pm abis traweh.. ngono kok aku yo tetep nonton ik, padahal buat anak kelas 5 SD seperti saya waktu itu, jam segitu kan udah malem..hehe..

sekarang, ketika saya  bisa melihat kembali tayangan ulangnya di tivi..ahh..tentu saya senang sekali ! kenapa sih ? apa yang bikin SDAS beda ?

liat deh, bandingkan sama sinetron yang ada sekarang…

sinetron sekarang tuh ya..isinya,, orang2 jahaattt.. semua, yang mau ngracun lah, yang mau bakar2an, jambak2an, pisuh2an..giliran ada peran antagonis..jahatnya kayak setan..mendelik2 sampe mo keluar matanya, yang protagonis..wehh…baiknya minta ampun…kadang nggak masuk akal. masak iya sih dianiaya kayak gitu diem aja, nangis, dleweran, ditendang, ditampar, dipukul, diem aja..huh..kadang sampe emosi sendiri nontonnya..hehhe..

ketika nonton SDAS, saya bener2 terhibur, ceritanya ringan, kata2nya jujur, komedinya juga nggak kelewatan. pas lah. bahkan kadang pesan2 moral pun bisa ‘disisipkan’ dengan rapi nya dalam sebuah adegan. Dan tiap2 karakter pun punya ciri khas nya sendiri.. (yaiyalah). banyak hal yang bisa saya ambil dari tayangan ini. kerja kerasnya si Doel dari pertama kuliah sampai jadi tukang insinyur, si Babe yang tukang marah2 tapi rela jual tanah buat biayain Doel, Mandra yang super duper cerewet, Atun yang nggak mau kalah sama abangnya, mas Karyo si tukang ngutang..

percakapannya pun menggunakan bahasa sehari hari yang gampang di mengerti dan pengucapannya begitu alami..ahh..andai saja sinetron sekarang seperti itu…

satu percakapan yang masih saya inget;

Babe : Doel, ngapain lu pulang cepet ? emang udah kelar kuliahnye?

Doel : Kagak ade  kelas, Be..

Babe : ape lu kate ? kagak ade kelas? emang kemane kelas lu Doel ? bagimane bisa kagak ade kelas, lha trus lu kuliahnye dilapangan siape?

Doel : maksudnye, dosennya kagak ade , Be..

Babe : kagak ade dosen bagemane?

Doel : dosen ntu yang ngajar Doel, Be.. gurunya Doel..

Babe : ohh..jadi guru lu namenya Dosen, emang pegi kemane tu Dosen ? seenak nye aja pegi kagak ngajar, kagak tau ape gue ude bela2in jual tanah buat bayar kuliah…Doel, anter gue ke rumah si Dosen, biar gue marah2in tu dosen..enak aje..

gambar diambil dari sini dan sini


2 responses to “Tentang Si Doel

Leave a Reply

