Tentang Imlek

Hari ini masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia merayakan Tahun Baru Imlek. Perkantoran, mall, restoran, dan tempat tempat umum lainnya mendadak berubah menjadi ‘merah’ karena dihias dengan pernak pernik Imlek. Sejak Tahun Baru Imlek ditetapkan sebagai hari libur Nasional, perayaannya memang tampak semakin meriah.

Tapi pernahkah anda memberikan ucapan Selamat Tahun Baru Imlek langsung kepada orang yang merayakannya? Bagi yang belum pernah, mungkin sedikit cerita dari saya ini bisa menggambarkan bagaimana rasanya.

Saya tidak begitu paham dengan tradisi masyarakat Tionghoa, sampai pada akhirnya saya ‘terdampar’ di sebuah perusahaan yang hampir 90% karyawan serta pelanggannya merupakan warga keturunan Tionghoa. Tiga tahun bekerja disana membuat saya pada akhirnya sedikit banyak tahu seluk beluknya.

Layaknya tahun baru pada umumya, tahun baru Imlek ( Sin Cia ) juga disambut secara suka cita oleh warga Tionghoa. Tahun Baru diharapkan dapat memberikan semangat baru, penuh kesuksesan dan kebahagiaan. Di kantor saya yang dulu, terasa sekali euforianya. Mereka bertanya satu sama lain ‘ Imlek pergi kemana? bikin acara apa? ‘ dan kemudian berlanjut dengan obrolan panjang lebar dengan penuh antusias. Wajah mereka tampak berseri seri. wuih.. kantor jadi terasa menyenangkan, dan mendadak banyak kue kue khas Imlek ‘datang’ ke kantor..hehehe..

Dan ketika Imlek tiba, apa yang terjadi ketika semua saling mengucapkan selamat tahun baru? suasana hangat dan akrab pun langsung terasa. Apalagi jika ucapan tersebut datang dari seorang non-Tionghoa seperti saya. Ketika saya berucap ‘ Gong Xi Fa Cai ya Koh.. ‘ kepada atasan saya waktu itu, dengan serta merta beliau menjabat tangan saya erat, pertanda terimakasih yang sangat. ‘ Terima kasih ya Indah, semoga kamu juga selalu sukses ya’ . Senang dengan perlakuan yang saya dapat, saya pun lalu berkeliling, dari lantai 1 – lantai 3, mengucap selamat tahun baru Imlek bagi semua rekan kantor yang merayakan… hehehe… walaupun cuma sebuah ucapan, tapi saya bahagia karena bisa membuat mereka senang, yang lebih penting lagi, segala macam perbedaan seolah runtuh begitu saja ketika kami berjabat tangan.. indahnya..🙂

Pagi ini saya kembali mengirim sebuah pesan singkat kepada mantan atasan saya tersebut, dan kepada beberapa orang dari kantor saya yang dulu. Balasannya? cepet banget! sebuah pertanda bahwa mereka senang, dan bersemangat. ah, senangnya…

Well, di tahun kelinci ini saya berharap semoga semua diberi kesuksesan, diberi kesehatan, dan kelancaran dalam segala hal. Gong Xi Fa Cai !!!!

Ps : Mohon maaf  jika ada kesalahan dalam penulisan


6 responses to “Tentang Imlek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: