Wisata Impian Semua Kalangan

Fort Rotterdam, Makassar

Saya Suka traveling. Suka banget malah. Memang jam terbang saya di dunia traveling masih rendah, tapi cita-cita saya untuk bisa keliling Indonesia ini secara nggak langsung ikut memompa semangat hidup saya. Lebay ya? hehe.. tapi memang begitulah adanya..🙂

Kenapa Indonesia? karena ternyata tempat-tempat wisata di Indonesia itu nggak kalah bagus lho dari luar negeri. Masa enggak malu sih udah bolak balik ke luar negeri tapi wisata2 di Indonesia malah belum kenal? kalo Saya sih malu. Contohnya saat Saya ikut acara Kongkow Semarang dalam rangka ultah BlogdetikDotSemarang kemarin, teman-teman blogger dari luar Semarang takjub melihat bangunan-bangunan khas tionghoa di klenteng Sam Poo Kong. Bukti nyata bahwa di dekat kita pun banyak tempat wisata yang menarik.

Lilin-lilin Besar di Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Sayangnya, kadang ada beberapa hal yang membuat kita lebih memilih wisata luar negeri daripada wisata dalam negeri,  seperti transportasi, sarana dan fasilitas, serta kurangnya promosi.

waktu itu saya pernah ngetwit yang isinya kira-kira seperti ini “liburan nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri kok guys, Indonesia nggak kalah cantik, suer deh” , yang langsung dibalas oleh teman saya, ” Pengennya sih gitu mbandah, tapi jarang banget ada promo2 penerbangan domestik yang murah, nggak kayak penerbangan luar negri yang sering ada promo” Deg! bener juga ya..

Di suatu waktu ketika saya sedang liburan ke pulau Nusa Lembongan, 25 menit dari Pantai Sanur, Bali, saya sungguh menikmati sekali kemudahan perjalanannya. Kapal yang menyebrang ada setiap hari, biaya nyebrang nggak sampe seratus ribu, penginapan gampang, mau menjelajah sendiri atau ikut tour juga bisa.

kapal kapal di Nusa Lembongan, Bali

Sementara itu di lain waktu, saya sudah merencanakan untuk mengunjungi Karimun Jawa sejak akhir tahun 2011 lalu, tapi selalu gagal. Alasannya macem-macem, dari mulai kapal penyebrangan yang cuma ada sedikit dan nggak nyebrang setiap hari, keharusan ikut paket tour, mahalnya biaya, dan tour yang baru bisa berangkat setelah kuota peserta terpenuhi itu benar2 bikin males duluan. yaelah, mau liburan aja susah banget sih.

Saya jadi ngebayangin nih, seandainya aja transportasi ke tempat-tempat wisata di Indonesia ini mudah dan murah, pasti orang-orang Indonesia lebih milih untuk berwisata di dalam negri deh. Terutama buat backpacker-backpaker seperti saya yang punya prinsip ekonomi low cost, high return😀

yaiyalahya, dinas pariwisata kita aja udah mulai mengenalkan potensi wisata Indonesia ke seluruh dunia seperti Raja Ampat, Wakatobi, Selayar, Takabonerate, mempromosikan secara besar besaran keindahan baharinya, tapi ya lagi2 baru bisa mimpi kesana, tiketnya mahal bener bok! nggak usa- jauh jauh deh, ke Karimun aja belum jadi-jadi karna susahnya transportasi dan mahalnya biaya, walaupun memang sekarang sudah ada orang-orang yang menawarkan paket tour murah kesana. Salut deh!🙂

Wisata Impian di mata saya nggak muluk -muluk kok, cukup wisata dalam negeri yang mudah dijangkau dan murah biayanya. Mungkin ini juga jadi PR kita ya, untuk dipikirkan bersama bagaimana caranya bisa menjelajah nusantara sekaligus mengangkat kepariwisataan Indonesia di seluruh dunia. Bangga nggak tuh? Negara kita dikenal, wisatawan asing berdatangan, devisa negara meningkat. seems legit, huh?😀


5 responses to “Wisata Impian Semua Kalangan

Leave a Reply

