Hidangan Serba Jeruk Nipis di Makassar

photo by google

Bicara soal kuliner di kota Makassar, Sulawesi Selatan, pasti nggak jauh-jauh dari yang namanya coto, sop konro, serta seafood. Siapa sih yang enggak kenal coto Makassar? hidangan tradisional khas Makassar ini bisa dibilang istimewa bagi mereka penggemar jeroan sapi, disamping Konro yang juga dibuat dari iga sapi. Restoran coto-konro sudah banyak sih di pulau Jawa, tapi tentu rasanya beda dengan coto di tempat aslinya. Selain dua hidangan tersebut, Makassar juga terkenal akan hidangan seafood. Bahkan beberapa teman saya yang asli Makassar bilang kalau seafoodnya Makassar ini lain daripada yang lain. Selain harganya yang relatif murah, seafood Makassar, terutama ikan bakarnya, rasanya jauh lebih enak daripada ikan bakar yang ada di Jawa. wow!

Bicara kuliner pasti enggak bisa lepas dari kebiasaan penduduk asli sebuah daerah. Seperti di beberapa daerah yang mempunyai tipe bumbu pedas-manis, atau sangat pedas, orang-orang Makassar ini menganggap bahwa makannya belum lengkap kalau belum pake jeruk nipis.

mie kering plus jeruk nipis

Jeruk nipis biasanya dapat kita temukan sebagai pelengkap makan soto di Jawa. Pelayan restoran biasanya memberikan beberapa irisan jeruk nipis di samping mangkuk soto, untuk kemudian kita peras jeruknya sampai keluar beberapa tetes sarinya. Jeruk nipis yang bisa digunakan bersama kecap untuk menyembuhkan batuk ini cukup mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional maupun supermarket.

Kembali ke Makassar. Kalau di Jawa kita menggunakan jeruk nipis hanya untuk campuran hidangan tertentu, maka kalau di Makassar jeruk kecil ini disajikan bersama SEMUA jenis hidangan. Catet ya. S.E.M.U.A. dari mulai soto, bakso, bahkan nasi goreng dan mie kering pun rasanya belum enak kalau belum ditambah perasan air jeruk nipis. Unik ya🙂

Jadi buat teman-teman yang akan atau sedang berkunjung ke Makassar, jangan heran ya kalau pas pesan nasi goreng di resto dapet irisan jeruk nipis di samping piringnya..😀

nasi goreng plus jeruk nipis


4 responses to “Hidangan Serba Jeruk Nipis di Makassar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: