Komunitas : Untuk Hidup yang Lebih Bermakna dan Lebih Berwarna

Menurut kamus ngasal saya, komunitas bisa berarti suatu kelompok atau perkumpulan dalam masyarakat, dimana biasanya anggota-anggotanya memiliki suatu tujuan tertentu dan atau persamaan dalam suatu hal. Di Indonesia dan di Semarang khususnya, keberadaan komunitas ini sudah menjamur, mengakar, dan bahkan melumut saking banyaknya. Ada komunitas sepeda, komunitas traveler, komunitas sketcher, komunitas fotografi, dan tentu saja, komunitas blog. Lalu apa saja sih keuntungan dari ikut komunitas? Kayaknya kok cuma ngumpul-ngumpul nggak jelas gitu sambil hura-hura buang uang aja?

Pertanyaan itu pernah meluncur dari seorang teman kantor yang (mungkin) hidupnya hanya dihabiskan untuk bangun pagi-berangkat ke kantor-bekerja-pulang-istirahat-tidur, begitu terus kegiatannya, yang penting terima gaji aja udah bersyukur banget. Nggak bisa disalahkan juga sih teman saya itu, karena sebelum gabung di komunitas yang saya ikuti sekarang, saya juga menjalani hidup yang sama seperti diaπŸ™‚

Waktu itu ceritanya saya sedang bekerja di luar kota Semarang. Berada jauh dari kampung halaman selama beberapa tahun tentu saja membuat saya rindu akan kota Semarang. Rindu masakan khasnya, rindu karakter masyarakatnya, rindu logatnya, pokoknya rindu semuanya. Nah, saat sedang bercerita tentang kerinduan kampung halaman di blog, saat itu pula saya menemukan Loenpia.net, komunitas blogger kota Semarang. Tak hanya mengobati kerinduan saya tentang kota Semarang, bergabung di Komunitas ini ternyata juga membuat diri saya berubah drastis, Hidup saya jadi lebih berwarna dan lebih bermakna. Lho.. kok bisa?

Komunitas bikin kita banyak temen

Sebelum gabung dengan komunitas, saya adalah orang yang paling enggak asik di mata banyak orang. Ya pendiem lah, ya tertutup lah, pokoknya saya introvert banget. Susah banget buat ngomong. Tapi setelah masuk komunitas, sedikit demi sedikit saya mulai bisa belajar untuk terbuka. Untuk saling mengenal satu sama lain, dan belajar untuk peduli, belajar untuk membaur dengan banyak karakter di sebuah komunitas. Dan ternyata, punya banyak temen itu menyenangkan lho, bener dehπŸ™‚

Komunitas bikin kita punya banyak ilmu

Okelah, dalam sebuah komunitas pasti ada satu kesamaan dari tiap anggotanya. Entah itu kesamaan hobi, kesamaan profesi, bahkan kesamaan keterampilan. Tapi di luar kesamaan itu pasti mereka punya profesi dan latar belakang yang berbeda. Misalnya di Sebuah komunitas blogger, ada yang berprofesi jadi dokter, ada yang guru, ada yang manager di sebuah perusahaan, bahkan ada yang masih mahasiswa. Dengan adanya perbedaan latar belakang yang terkumpul dalam suatu wadah bernama komunitas, pastinya membuat kita jadi banyak tahu tentang banyak hal. Kita bisa tahu tips-tips kesehatan dari anggota yang jadi dokter, kita bisa tahu kesibukan seorang manager, bahkan kita bisa tahu gimana cara merawat anak dari member yang sudah jadi ibu. Dijamin ilmu kita nambah deh kalo ikut komunitas.πŸ™‚

Komunitas bikin kita bertanggung jawab

Idealnya, dalam sebuah komunitas pasti ada kepengurusan. Semacam organisasi gitu deh untuk saling membantu kelangsungan hidup komunitas. Apalagi kalau komunitas anda adalah komunitas yang aktif dan banyak kegiatan rutinnya, tentu saja koordinasi antar anggotanya benar-benar dibutuhkan ya, nah disinilah kita bisa belajar bertanggung jawab. Dari mulai hal yang kecil seperti menyebarkan undangan-undangan acara rutin, sampai yang rumit seperti menjadi korlap (koordinator lapangan) pada acara besar, semuanya membuat kita belajar bertanggung jawab.

Aktif dalam pelatihan blog

Saya sendiri mulai bergabung dengan Loenpia.net sejak Mei 2009. Dan selama hampir 3 tahun keanggotaan, saya sudah mendapatkan buanyaaaakkk… sekali cerita dan pengalaman. Yang seru, yang menyenangkan, yang sedih, juga yang melelahkan. Semuanya ada. Semuanya membuat hidup saya lebih berwarna.πŸ™‚

Di antara kegiatan rutin Loenpia.net seperti kopdar (kopi darat), Jamu (Jamuan Akhir Minggu-biasanya setiap hari jumat) dan koluka ( Kopdar Luar Kota) dan pelatihan blog di instansi2 atau sekolah2, ada satu kegiatan yang benar-benar berkesan buat saya; KoBer ( Kopdar Bermutu).

Kenapa berkesan? karena acara Kober ini adalah acara talkshow/sharing yang mendatangkan satu ahli dalam suatu bidang sebagai narasumber yang nantinya akan berbagi ilmu kepada kami semua. Selain itu kebetulan saya sempat ‘didaulat’ untuk menjadi korlap (koordinator lapangan) acara KoBer sebanyak 3x. Bagi saya ini adalah pengalaman yang mungkin tidak akan pernah saya dapatkan dari tempat lain. Merencanakan sebuah acara besar, menyebar undangan, mencari narasumber, survey lokasi, mengurus ini itu, deg-degan takut nggak ada yang datang, rasanya campur-campur. Seru!πŸ™‚

KoBer Traveling bersama mas Farid Gaban ‘Jamrud Khatulistiwa’ April 2011

Bergabung dalam suatu komunitas menurut saya penting dan banyak sekali manfaatnya. Yang jelas, kita jadi banyak tahu, banyak ilmu, dan tentu saja banyak teman dan pengalaman. Jadi kalau anda merasa hidup anda sudah terlalu membosankan karena menjalani rutinitas yang itu-itu saja, mungkin ada baiknya anda bergabung dengan komunitas-komunitas di sekitar anda.πŸ™‚


5 responses to “Komunitas : Untuk Hidup yang Lebih Bermakna dan Lebih Berwarna

  • okky23

    Eh ada aku..πŸ˜€
    *halah

  • fauns

    Betul, tambah temen buat relasi bisnis, tambah ilmu karena ketemu orang2 baru dari berbagai perkjaan yang berbeda, tambah asyik tentunya temen kita ga itu2 terus, banyak rizki……

  • Vella Ariska

    hidup saya cuma kuliah,, pulang kekost,, istirahatt belajar makan dan begitu seterusssnya sampai sekarang,, saia ingin ikutt komunitas kyk gitu tapi saia merasa sangat sulit berinteraksi dgn org bnyk… gmn t caranya agar saia bisa diterima disuatu komunitas??

    • mbandah

      caranya mungkin bisa ikutan komunitas yang punya latar belakang hobi yang sama, misal komunitas blogger buat yang sama2 suka ngeblog, komunitas sepeda, komunitas fotografer dll, dengan begitu bisa nyambung ngobrolnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: