Menulis Meningkatkan Daya Ingat (?)

Anda yang sering menulis pasti tahu pasti manfaat menulis. Ada yang bilang kalau menulis itu menenangkan. Ada yang bilang menulis itu bikin plong, beban di hati berkurang karena sudah ‘terbagi’ dalam tulisan. Beberapa orang mengatakan kalau menulis juga bisa menambah pengetahuan, terutama bagi mereka yang sebelum menulis mencari data-data yang diperlukan terlebih dahulu. Ya, karena itu berarti mereka harus mencari tahu dulu, dengan cara bertanya, mencari di internet, atau membaca. Kalau pernyataan bahwa menulis itu meningkatkan daya ingat, bener nggak ya?

Mari saya ajak anda ke masa saya kuliah dulu. Ada satu dosen yang selalu menyuruh saya dan teman-teman untuk menulis dan menggambar. Menurut beliau, itu adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk belajar. Kebetulan waktu itu beliau mengajar mata kuliah marketing yang kebanyakan adalah teori (bukan hitungan) yang tentu saja membutuhkan pemahaman yang mendalam serta daya ingat yang bagus untuk setiap materi hapalannya. Nah, disini beliau mengajarkan untuk menulis dan menggambar. Penasaran, akhirnya saya mengikuti saran beliau.

Satu yang saya ingat betul, ibu dosen saya itu pernah menerangkan tentang  promosi. Promosi dibagi menjadi dua jenis, yaitu promosi above the line dan promosi below the line. Di whiteboard, beliau  menggambar orang, kemudian menggambar satu garis lurus di atasnya, serta satu garis lurus lagi di bawahnya. Garis di atas gambar orang adalah above the line, yang di bawah adalah below the line. Di garis atas ditambahi gambar TV, dan di bawahnya ditambah gambar (menyerupai) kertas kemudian ditulisi “brosur”. Gambarnya memang nggak bagus-bagus banget, tapi cukuplah mendeskripsikan maksudnya.😀

Setelah itu beliau menjelaskan, promosi above the line adalah promosi yang dilakukan secara tidak langsung, contohnya melalui iklan di tv. Sedangkan promosi below the line adalah promosi yang dilakukan secara langsung kepada konsumen, contohnya membagikan brosur-brosur, pengadaan bonus dalam event, dan sebagainya. Apakah anda tahu? waktu itu adalah sekitar tahun 2005. It was 7 years ago! tapi gambar-gambar di whiteboard itu masih terlihat jelas dalam pikiran saya sekarang ini. Bahkan sedikit penjelasan tentang materi itu pun masih bisa saya ceritakan ulang dalam tulisan ini!

Beliau menambahkan, dengan menulis dan menggambar, kita bisa lebih mudah mengingat. “kalau otak sedang lupa,  tangan akan membantu mengingatnya, maka menulislah” begitu katanya.

Entah bagaimana penjelasan ilmiahnya, yang pasti semenjak jadi blogger (halah), semakin hari saya merasa kalau ungkapan dosen saya itu ada benarnya. Berikut ini adalah hasil pengamatan saya :

Pernah nggak sih suatu ketika saat ada orang atau berita yang sedang membahas tentang suatu hal kemudian kita teringat sama tulisan kita di blog? nah loo.. pasti pernah kan? misalnya saja sedang ada yang membahas tentang khasiat madu, lalu tanpa dikomando tiba-tiba kita seperti memanggil-entah-apa-namanya-itu-yang ada dalam memori kita, mengingatkan bahwa kita pernah menulis tentang khasiat madu di dalam blog kita. Meskipun tulisan itu sudah beberapa tahun lamanya, tapi kok  ya masih ingat ya?😀

Tampaknya memang benar ya pendapat orang-orang yang mengatakan bahwa menulis meningkatkan daya ingat. minimal daya ingat kepada tulisan kita sendiri.. hehe.. jadi bagi anda yang merasa pelupa kayak saya, mungkin bisa dicoba untuk menuliskan hal-hal yang menurut anda menarik. Just write it down, siapa tahu lima tahun dari sekarang anda membutuhkan data-data penting tersebut dan anda ingat kalau sudah pernah menuliskannya, jadi tinggal membuka catatan-catatan lama anda saja, dengan syarat, catatannya disimpan yang benar jangan sampai hilang ya..hehe.. selamat menulis!

gambar diambil dari sini


5 responses to “Menulis Meningkatkan Daya Ingat (?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: