Akhirnya Bisa Minum Kopi Lagi

Perlu beberapa hari sampai akhirnya tulisan ini terbit. Tadinya sih saya pengen menuliskan secara lengkap tentang kopi dan hubungannya dengan penderita asam lambung yang berlebih alias sakit maag seperti yang saya alami. Dari mulai kandungan zat-zat tertentu yang ada dalam kopi, kenapa bisa bikin perut melilit, dan sebagainya. Tapi sayangnya saya nggak bisa menemukan penjelasannya secara lengkap. Hampir semua artikel (yang saya gugling) hanya menggambarkan secara garis besar. Bahwa kopi mengandung kafein, bahwa kopi dapat menyebabkan perut melilit, bahwa penderita sakit maag tidak boleh minum kopi… kalo itu mah saya udah tahu!

Putus asa karena nggak menemukan artikel yang spesifik, akhirnya saya memutuskan untuk menuliskan apa adanya.. hihi.. (kalau ada yang tahu tolong saya dikasih tahu ya).😀

Saya adalah penderita sakit maag yang cukup parah. Telat makan sedikit saja langsung terasa melilit. Sejak itu, saya harus bener-bener menjaga agar tidak kambuh lagi. Susah-susah gampang, apalagi ditambah dengan peraturan-peraturan dari dokter yang mau nggak mau harus ditepati. karena sakit maag adalah sakit yang ‘serba salah’. Ya, telat makan sakit, dikasih makan pun tambah sakit. huhuhu..

Peraturan dokter tersebut di antaranya :

– Makan teratur, jangan sampai telat makan.

– jangan sampai perut kosong. ( jangan heran ya kalau saya makan terus.. hehe)

-Kalau makan nggak boleh langsung banyak karena bisa muntah, sebaiknya makan sedikit-sedikit tapi sering (dokternya tau aja nih😀 )

Selain itu ada juga pantangan-pantangan makanannya, seperti makanan yang asam dan pedas, karena kedua makanan tersebut dapat meningkatkan asam lambung. Pantangan lainnya, nggak boleh stress. hihihi.. yang ini no comment deh😀

dari sekian banyak peraturan dan pantangan, dokter tidak menyebutkan kopi. Saya memang bukan penggila kopi sih, hanya beberapa kali saja minum. Saya lebih banyak minum teh. kwarepmyu

Pada suatu waktu ketika sedang mengikuti program training kantor, akibat rasa kantuk yang menyerang, saya memilih untuk minum kopi saat break. Sampai di rumah, saya merasa nggak nyaman di perut, tapi saya hiraukan. Hari kedua training, saya minum kopi lagi, dan perut saya sakit lagi. Berturut turut sampai hari ketiga saya merasakan sakit yang sama, barulah saya mencoba mengingat makanan apa yang telah saya makan sampai sakit perut tiga hari. Tapi kok kayaknya makannya normal aja yah.. hidangan di training juga bukan hidangan pedas. Apa karena minum kopi?

Hari ke-empat training, saya memutuskan untuk nggak ngopi lagi. dan woilaa… sakit perut saya sembuh! ternyata memang benar karena kopi. Sejak saat itu setiap saya minum kopi (meskipun hanya icip sedikit), entah itu dalam bentuk cappucino, latte, dicampur krimer, dicampur susu.. apapun itu, perut selalu berontak. Saya putus hubungan sama kopi.

Adalah White Koffie-nya Kopi Luwak yang akhirnya membuat saya balikan sama kopi.. (cieee.. balikan ciee..). Ini produk baru sih, tapi ngeliat iklannya di tipi kayaknya kok meyakinkan banget, intinya cocok buat penderita sakit maag gitu deh karena low acid. Saya sih nggak langsung beli, tapi setelah beberapa bulan iklan itu muncul di tipi, akhirnya saya beli juga, penasaran critanya.😀

Pertama kali menyeduh White Koffie dan menghirup aromanya, rasa kangennya langsung terobati..hihi.. udah lama banget gak minum kopi! Saya lalu menunggu sampai beberapa hari dan sampai minum beberapa cangkir dulu sebelum akhirnya posting tulisan ini. Cuma buat mastiin aja sih, beneran apa enggak aman di lambung. Dan ternyata bener! perut saya nggak berontak! horeee.. saya bisa minum kopi lagiii !

Penasaran, saya mencoba mencari tahu apa itu white coffee alias kopi putih. Dari beberapa artikel di google, disebutkan bahwa kopi putih adalah roasted black coffee, sedangkan di website kopi luwak sendiri disebutkan kalau White Koffie dibuat dari kopi yang sudah mengalami pendinginan atau pembekuan. Duh, yang bener yang mana nih..hihi..

Terlepas dari pernyataan-pernyataan di artikel yang saya baca tentang kopi putih atau white coffee, yang jelas saya bahagia, karena setelah sekian lama akhirnya bisa minum kopi lagi, yaitu kopi putih. Anda yang punya sakit lambung kayak saya boleh lho coba, atau buat anda pecinta kopi yang penasaran juga boleh coba, psstt.. tapi kopi putih ini kata beberapa pecinta kopi di artikel yang saya baca, rasanya terlalu ringan, kurang laki!😀

ps : bukan tulisan berbayar😀


5 responses to “Akhirnya Bisa Minum Kopi Lagi

Leave a Reply

