Seribu Cerita di Lawang Sewu

ehek..judulnya lebay ya? hehe..biarin, abisnya ternyata di blog ini belum ada satupun cerita tentang Semarang, durhaka banget ya aku.. hihihi..oke, cerita tentang Semarang akan saya mulai dari Lawang Sewu. Lawang artinya Pintu, sewu artinya seribu. Jadi dalam bahasa Indonesia, Lawang Sewu artinya Seribu Pintu. Kenapa disebut pintu seribu? kenapa selalu diidentikkan dengan kesan horor? ada apa gerangan? *halah*

Sekilas Sejarah

Gedung lawang sewu ini dulunya adalah kantor pusat perusahaan kereta api swasta yang dibangun pada masa penjajahan Belanda,sedangkan pada masa setelah kemerdekaan, gedung ini juga sempat dijadikan sebagai kantor PT Kereta Api Indonesia dan kantor Kodam militer Diponegoro. Gedung ini juga menjadi saksi peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang  melawan tentara jepang 14-19 Oktober 1945.

bekas kantor Perusahaan Kereta Api

Yang menjadikan gedung ini terkesan horor atau seram yaitu karena adanya cerita bahwa selama penjajahan Jepang, beberapa tempat di dalamnya digunakan sebagai ruang tahanan dan ruang penyiksaan. Beberapa pengunjung yang katanya melihat atau merasakan adanya makhluk lain, dan tayangan2 di tivi yang kebanyakan lebih menyorot sisi horornya membuat kesan serem itu semakin menjadi-jadi.

Disebut Lawang Sewu karena gedung ini disinyalir *halah* memiliki seribu pintu. Gak percaya? hitung sendiri coba..😀

Lawang Sewu, Pintu Seribu, Thousand Doors

Lalu apa yang menarik?

Siapapun yang datang ke Lawang Sewu pasti akan kagum sama arsitektur bangunannya. Saya emang bukan arsitek sih, tapi dengan melihat sendiri bagaimana Lawang Sewu itu  tetap kokoh berdiri meskipun sudah 100 tahun itu bener-bener bikin takjub. Kaca-kaca, keramik-keramik dan beberapa benda serta istilah-istilah Belanda yang masih jelas tertulis juga sangat menarik untuk dilihat, nggak jarang orang-orang datang untuk melakukan berbagai pemotretan dan pre-wedding foto. Selain itu lawang sewu juga pernah dijadikan tempat shooting film salah satunya Ayat-Ayat Cinta, yaitu beberapa adegan di tangganya.

kaca-kacanya bagus, awet, dan tebel banget

Buat anda yang ngaku pemberani, boleh coba tour bawah tanahnya, yaitu berjalan melewati lorong sempit tanpa cahaya dan melakukan sedikit uji nyali dengan cara ditinggal 10 menit di lorong itu sendirian..😀

How To Get There

Mudah sekali untuk mencari lokasinya karena gedung ini terletak di pusat kota dan pusat pemerintahan daerah juga, yaitu di pojok  Jl.Pemuda Semarang, di depannya Tugu Muda persis. Kayaknya semua orang Semarang tau deh, jadi anda bisa dengan mudah bertanya dan mencari.😉

dimana ada Tugu Muda, di situ ada lawang Sewu

Lawang Sewu Sekarang

Saya sudah tiga kali mengunjungi Lawang Sewu, terakhir bulan April kemarin dalam rangka mengantar teman dari luar kota. Ada beberapa perbedaan dengan kunjungan saya yang pertama, yaitu beberapa bagian gedung yang sedang direnovasi. Kalau dulu saya bisa masuk lewat pintu depan dan melihat isi gedung utama yang ada kaca-kaca sekaligus berfoto dengan background tugu muda di menaranya, sayangnya kemarin nggak bisa, karna sedang direnovasi, semoga cepet jadi ya😉

katanya sih di sini dulu tempat penyiksaan tahanan *glek*

Renovasi dan pemugaran ini juga membuat halaman depan gedung menjadi lebih bersih dan teratur dengan ditambahkannya rumput-rumput hijau dan area pejalan kaki. jadi lebih cantik!

Sekarang ini Lawang Sewu juga lumayan sering dijadikan tempat untuk acara-acara seperti musik jazz, festival makanan dan sebagainya.

Berapa yang harus saya bayar?

Berikut rincian biayanya ( April 2012 )

– tiket masuk Rp. 10.000,-

– Biaya guide/pemandu (biar lebih asik, lebih teratur dan ngerti sejarahnya) : Rp. 30.000,-

– Biaya (buat yang mau) tur bawah tanah : Rp. 10.000,- (dapet pinjaman sepatu boot dan senter)

bisa juga jadi lokasi pemotretan😀

Gimana, penasaran kan sama Lawang Sewu? yuk main ke Semarang!😀


17 responses to “Seribu Cerita di Lawang Sewu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: