The Amazing Spiderman Yang Bikin Patah Hati

Saya masih ingat waktu itu saya masih SMA ketika diajak sama om nonton SpiderMan 1 di bioskop. Rasanya seneng banget, dan langsung jatuh cinta sama Spiderman, Tobey Maguire dan Mary Jane (Kirsten Dunst). Spiderman 2 dan 3 pun selalu saya ikuti. Dari sekian banyak superhero seperti batman, superman dkk, yang saya suka memang cuma Spiderman sama Iron-man si manusia setrikaan.. *eh* kwarepmyu

Mendengar bahwa akan ada The Amazing Spiderman, tentu saja saya langsung bersemangat, tapi begitu tahu kalau yang main bukan Tobey Maguire, saya langsung tidak ‘amazed’ lagi..Saya langsung patah hati. Dari 10 tahun yang lalu ketika pertama kali nonton sampai sekarang, Spiderman ya Tobey, Tobey ya Spiderman. Mengganti Tobey sama saja mengganti Radcliffe sebagai Harry Potter, atau mengganti Depp sebagai Jack Sparrow; aneh.

Dari berita-berita yang ada, alasan Tobey pensiun jadi Spiderman dan membuat keputusan seminggu sebelum syuting dimulai adalah karena dia tidak sepaham dengan pihak Sony Pictures yang merilis film tersebut. Nggak cuma Tobey, sang sutradara Sam Raimi pun juga ikut mundur. Dengan adanya pergantian itu, tentu saja semua pihak jadi membandingkan The Amazing Spiderman dengan Spiderman yang dulu, tak terkecuali saya.

Pemeran Utama

*mimisan 3 galon*

Tobey Maguire vs Andrew Garfield, pilih mana? Secara fisik, Garfield lebih cool dan lebih ganteng dari Tobey yang mimik mukanya lebih ‘lembut’. Hanya saja karena Peter Parker adalah seorang yang sering di-bully karena ke-culun-annya, membuat Garfield jadi kurang cocok memerankan Parker karena mukanya itu muka ‘bad boy’ i love bad boys anyway . Dalam hal karakter dan fisik, Tobey menurut saya lebih pas memerankan Peter Parker yang ‘melas’, rendah diri, enggak pede-an, culun, tapi smart dan ketika marah, mimik mukanya langsung berubah drastis seakan otot2 mukanya ketarik semua, perfect! Sementara Garfield, dia terlalu ganteng untuk di-bully..😀

Nggak hanya spiderman yang diganti, ternyata Mary Jane (kirsten Dunst) si manis berambut merah ini juga diganti sama Gwen Stacy (Emma Stone) yang berambut pirang dan berkarakter tegas. berasa aneh juga sih..hehe..

Gwen Stacy vs Mary Jane

Animasi

Ketika mendengar film ‘Spiderman’, yang terlintas adalah film dengan animasi yang oke banget. Kita seakan ikut digendong di punggung sang manusia laba-laba melompat kesana-kemari, melewati jalan2 besar, lorong-lorong sempit, berayun dari satu gedung ke gedung tinggi, apalagi jika menonton film 3D nya, pasti tambah spektakuler. Di film The Amazing Spiderman ini untungnya masih bisa merasakan kekaguman yang sama terhadap animasinya, meskipun ada animasi yang masih ‘kasar’ di beberapa adegan seperti misalnya saat adegan ber-skateboard. Sayangnya saya belum merasakan The Amazing Spiderman ini dalam versi 3D, nanti deh kalau antriannya udah sepi.. hehe..

Penyimpangan

Ada beberapa ‘penyimpangan’ yang terlihat jelas di film The Amazing Spiderman jika dibandingkan Spiderman. Beberapa yang saya tangkap yaitu

1. Di The Amazing Spiderman, Parker dengan serta merta langsung mengaku bahwa dia adalah Spiderman kepada Gwen, sementara di film yang dulu, Parker berusaha mati-matian untuk menyembunyikan identitas aslinya, meskipun akhirnya tetap ketahuan.

2. Di The Amazing Spiderman, saat Parker digigit laba-laba, dia tetap sehat dan langsung berubah jadi kuat, sementara di film sebelumnya, Parker harus melewati masa ‘meriang’ sehari semalam, masa shock, dan masa sadar akan kekuatannya setelah digigit laba-laba.

3. Di The Amazing Spiderman, benang benang halus laba-laba tidak bisa keluar otomatis dari tangan Parker, melainkan melalui sebuah alat kecil yang dibuat sendiri oleh parker dan ditempelkan pada baju Spidey-nya. Sementara di film yang dulu, benang tersebut keluar otomatis dengan hanya mengulurkan tangan sambil menekuk jari seperti lambang Rock yang terbalik ( \m/ )😀

Cerita

Pada film The Amazing Spiderman ini lebih banyak dramanya, karena memang inti cerita adalah mencari tahu siapa orang tua Peter Parker-lebih tepatnya apa yang mereka lakukan dulu. Alur cerita flashback membuat film ini terasa ‘meloncat-loncat’ dan kadang beberapa adegan malah jadi enggak jelas maksudnya karena terlalu singkat alurnya atau malah terlalu lambat. Hal lain yang membedakan yaitu setting film ini dibuat lebih modern dimana Parker hidup di jaman yang sudah ada internet, tablet, smartphone, dan lain-lain sementara di film terdahulu kita seakan dibawa ke kehidupan komik yang klasik.

Meskipun banyak sekali perdebatan tentang film The Amazing Spiderman ini, namun menurut berita yang beredar, di minggu pertamanya saja film ini sudah meraup keuntungan yang sangat besar, bahkan melebihi film The Avengers, yang menyelamatkan dunia tanpa Spiderman😀 . Apakah karena film ini ditayangkan saat musim liburan, atau karna penasaran dengan bintang baru, atau karna faktor lainnya, saya tidak tahu, yang jelas, penggantian pemeran utama  tokoh Spiderman mau nggak mau membuat sang sutradara Marc Webb harus berjuang ekstra keras untuk kembali mengangkat film ini.


19 responses to “The Amazing Spiderman Yang Bikin Patah Hati

  • selfbeside

    sya juga gak suka Tobey diganti, aneh banget dan gak cocok sma karakter Parker, setelah baca post ini kok sya merasa apa yg direncanakan awal pda saat produksi jd gak cocok ya (sok tau hehehe) kan ktanya The Amazing Spiderman ini versi Parker msh remaja, tp knapa teknologinya lebih canggih, dan dia ngaku ke Gwen dri awal. kalo kya gini mending dri awal aja alurnya maju trus alasan muka diganti karena Parker dulunya ketabrak truk jadi harus oplas face off, kyaknya akan menjadi versi yg lebih logis…haahaahaa

  • Travelbuck

    Gara2 kata anak2 filmnya mengecewakan..
    saya langsung down duluan, tapi keknya senin tetep nonton🙂

  • aprillena

    menurut saya spiderman yang dulu ceritanya lebih tragis lebih lembek sekali Peter Parkernya (kalau saya sih tdk terlalu suka cerita yang terlalu tertindas pemeran utamanya), kalau The Amazing Spiderman yang saat ini lagi heboh, memang keren, Peter Parkernya ketawan lebih pintar dan lebih lucu, lebih logis aja ceritanya ( menurut saya sih ) The Amazing Spiderman jauh lebih keren.

  • budiyono

    Spiderman yang ini memang beda. tu di judulnya ada tulisan “Amazing” bukan cuman buat embel-embel.. memang namanya Amazing spiderman. Ada lagi Ultimate Spiderman. Nah yang film baru ini lebih faithfull ke cerita asli Amazing Spiderman (comic/cartoon), dimana spidey lebih punya sense of humor dan webnya itu dikeluarin dari alat buatan…
    begichu…

  • lave

    Jangan membandingkan dengan versi Spider-Man sebelumnya. Kalau mau membandingkan, alat ukurnya ya komik aslinya. Yang menyimpang itu bukan The Amazing Spider-Man (2012). Memang sesuai komik, jaring-nya itu keluar dari alat (webshooter) awalnya.

  • saidedwin

    menurut ane untuk nonton the amazing spiderman perlu yang namanya
    melupakan sejenak semua hal tentang spiderman terdahulu. dan itu lebih menyenangkan kenapa? karena tobey tidak akan kembali, move on. mau sampai kapan melihat ke masa lalu.

  • lave

    FYI, Gwen Stacy itu pacar pertama Peter Parker sebelum Mary Jane Watson. Jadi bukan diganti, memang ini ceritanay dimulai dari awal sekali.

  • Bagus Rupawan

    salut sama lave, klo bener2 pecinta spiderman harusnya tau dong alur critanya, menurutku justru yg spidey versi tobey malah tdk sesuai pakem crita asli, FYI: dlm crita komik asli jaring laba2 tdk keluar secara otomatis, tp peter membuat alatnya, baju di versi komiknya jg jahit sendiri sesuai dgn crita di versi andrew, so, versi tobey malah bagiku mengecewakan dr sisi crita, sedangkan efek dan animasinya bisa diacungi jempol.

    • mbandah

      @all : ya emang gitu, selalu ada 2 sisi dalam setiap hal, ada yang bilang suka, ada yang bilang gak suka. it’s normal, yang jelas selera masing2 orang berbeda dan nggak bijak kalau kita mendikte harus suka yang ini atau harus menjelek2kan yang itu.. thank you for sharing anyway..🙂

  • chichi

    daniel radcliffe always harry potter,johnny depp always jack sparrow, not anymore for tobey maguire….. gmn pon ttp sedih tobey d ganti,

  • Spiderman

    kamu harus baca komiknya, film spiderman yang benar2 nyata adalah the amazing spiderman, emma stone bukan pengganti kristen, tp dia sebagai Gwen Stacy, Gwen adalah pacar pertama peter sebelum MJ, nanti di The Amazing Spiderman 2 ada pemeran MJ nya, nah siapa artis yg menggantikan MJ? kita tunggu saja tahun 2014, udah nonton film The Amazing Spiderman di bioskop belum? coba bandingin dengan komik, bagusan sekarang, karakter peter parker itu jail gak culun2 amat..

  • aprillena

    hy salam kenal ya,, maaf ni saya komen” aja tapi belum memperkenalkan diri.. (saya aprillena selles daihatsu, barang kali ada yang mau order mobil ke saya boleh” :p ) : iaa sih semua kembali k selera penontonnya lagi.. yang jelas saya lebih suka cerita The Amazing Spiderman bukan karna tokoh”nya aja, tapi dari alur ceritanya dan model ceritanya..

  • sapta oktora

    filmnya emang mantep… tp tetep sedih bngt,,, Tobey sang spideerman asli di ganti….itu doang kok yg bikin kecewa,,(menurut saya) hehehe,,,

  • kotaro fuma

    saya g suka tobey diganti,menurut saya film the amazing spiderman aneh banget (sorry nh)…saya lebih suka spiderman 1,2 n 3…eh yg ke 4 yg jelas….jgn bkin penonton kecewa donk cz saya udh lama nh nunggu film spiderman 4….saya harap tobey main lagi….liat yg jelas,yg mana yg bagus versinya…hidup tobey…..

  • Rahmat

    Semua orang boleh berpendapat masing masing. tapi mulai dari komiknya yang keluar sejak jaman saya masih SD, bahkan mulai sebelum saya lahir spiderman emang banyak versinya, nah yang the amazing spiderman adalah salah satu versi komiknya, dan soal jaring yang keluar melalui alat bukannya otomatis dari tangan itu memang sudah seharusnya seperti di komiknya, dan lebih masuk akal karna sebagaimana kita ketahui bahwa laba2 jaringnya keluar bukan dari tangan tapi dari *******nya. kok bisa2nya jadi lewat tangan???????? terus alat pelontar jaring ini sekaligus penguat bahwa karakter peter itu cerdas. karna disemua seri komiknya peter itu pemuda yang cerdas dan banyak idenya. makanya dia tidak terkalahkan…. (dai fans berat spiderman yang kecewa dengan spiderman 1,2, dan 3) Kecewanya karna karakter cerdasnya gak dapet di spiderman 1,2, dan 3. soal pemerannya saya gak masalah mau siapa aja asal jangan spidermannya dibuat jadi bego2 amat…… sekian

%d bloggers like this: