Puasa Ramadhan Hari Pertama

Assalamualaikum, bagaimana puasanya hari ini Ikhwan dan Akhwat semua? *benerin mukena*. Berhubung lagi dalam suasana bulan suci kayaknya oke juga nih kalau saya nulis tentang hal-hal yang agak religius hehe..

Kalau ngomongin Ramadhan pasti nggak jauh2 dari kenangan waktu kita masih kecil. Adaa.. aja ya kelucuan2 yang terjadi, baik pas di rumah ataupun pas di masjid. Kalau saya dulu pas masih TK ikut solat tarawih bareng om dan solatnya di bagian laki-laki, karena memang nggak ada saudara perempuan di rumah. Biasanya pas berangkat semangat banget, giliran sampe masjid udah deh..tidur sampe solatnya selesai.😀

Agak besar sedikit, saya mulai berani berangkat tarawih tanpa ditemani om dan biasanya berangkatnya bareng sama dua teman yang rumahnya deket. Namanya Winda dan Iin. Dari SD sampai SMA selalu tarawih bareng. Sampai akhirnya sekarang tinggal saya sendiri karena dua yang lain sudah menikah dan punya anak trus pindah ikut suami.😐

Kadang saya rindu masa-masa itu, dimana setiap Ramadhan kami selalu mendapat buku tugas khusus dari sekolah yang didalamnya terdapat kolom2 yang harus diisi dengan ringkasan ceramah di masjid saat Subuh dan Tarawih, jadwal solat wajib, plus nama Imam dan Khatibnya. Saya baru sadar ketika sudah besar bahwa kemungkinan buku tugas tersebut dibuat agar kami nggak rame sediri di masjid. Setelah Tarawih selesai, anak2 kecil sibuk antri di depan Imam untuk mendapatkan tanda tangan beliau di buku tersebut setiap harinya. Merepotkan sekaligus menyenangkan.

Setelah lulus sekolah dan tak ada lagi buku tugas khusus Ramadhan, rasanya puasa terasa hambar, ada yang kurang. Terlebih ketika saya sudah bekerja. Rasa lelah setelah pulang kantor seringnya membuat saya bolong-bolong tarawihnya..😦

Alhamdulilah tahun ini saya masih diberi kesempatan untuk bertemu kembali dengan bulan Ramadhan. Dan mumpung saya lagi banyak waktu, rasanya pengen banget kembali memaknai Ramadhan dengan sepenuh hati. Menyambutnya dengan suka cita, mengingat2 kembali apa yang dulu membuat saya begitu bersemangat ketika Tarawih, memperhatikan masjid Al-Muhajirin yang saya tahu banget perkembangannnya dari mulai mesjid kecil nan sempit yang kemudian terus membangun dan membangun tiap tahun hingga bisa menjadi semegah sekarang, dan Imamnya masih sama lho dari dulu sampai sekarang..hehe..semoga beliau selalu diberi kesehatan biar bisa jadi Imam terus di masjid kesayangan saya tersebut. Amin.

Ngomong-ngomong soal solat Tarawih, kultum yang disampaikan oleh Khatib di jeda solat Tarawih dan Witir malam ini lumayan menarik dan singkat lho, yaitu tentang 12 golongan orang yang selalu didoakan oleh malaikat yang diambil dari beberapa Hadist. Mereka adalah orang2 yang;

1. Tidur dalam keadaan suci

2. sedang duduk menunggu waktu sholat

3. Berada di Shaf terdepan saat solat berjamaah

4. Mengisi shaf yang kosong saat solat berjamaah

5. Mengucapkan “Amin” ketika imam selesai membaca surat Al-Fatihah

6. Ber-infaq (ada dua malaikat yang mendoakan)

7. Menjenguk orang yang sakit ( ada 70.000 malaikat yang mendoakan.. wow!)

8. Makan sahur

9. Menjalankan shalat Subuh dan Asar

10. tetap berada di di tempat solat beberapa saat setelah selesai solat (tidak langsung pergi)

11. Mengajarkan kebaikan (langit, semut-semut dalam lubang, ikan2 dalam laut juga ikut mendoakan)

12. Mendoakan saudara sesama muslim tanpa sepengetahuan yang didoakan.

Nah, semoga kita semua termasuk dalam orang2 yang selalu didoakan malaikat ya, karena ketika malaikat sedang berdoa dan bersalawat, mereka memohonkan ampun kepada Allah SWT terhadap dosa2 kita di masa lalu sekaligus memohon agar Allah SWT selalu menyayangi kita.. wuih.. bahagia banget pasti. Mumpung masih bisa ketemu sama bulan Ramadhan, yuk kita berlomba2 meningkatkan amalan, berlomba-lomba melakukan kebaikan, alias Fastabiqul Khairat. (Semoga tulisannya bener😀 ). Happy Fasting!


2 responses to “Puasa Ramadhan Hari Pertama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: