Prie GS : Catatan Harian Sang Penggoda Indonesia

Ini buku lama sebenarnya, cetakan tahun 2009. Oleh karenanya, agak susah jika sekarang ingin mencari buku ini di toko-toko buku. Jika beruntung, anda akan menemukannya diantara tumpukan buku-buku lama yang harganya murah karna sudah didiskon habis-habisan. Pacar saya pun menemukan buku ini di tumpukan buku diskonan, di sebuah toko buku, di Denpasar sana. Sebuah buku yang sangat bagus menurut saya, hanya saja mungkin karena Prie GS ‘agak telat’ terkenalnya, jadi ya bukunya ‘agak telat’ juga lakunya. Tapi ngomong-ngomong, siapa sih Prie GS itu?

Orang-orang mengenal Prie GS sebagai pembicara, penceramah, budayawan, seniman, penulis, mantan wartawan, kartunis, dan lain-lain. Saya sendiri mengenal Prie GS sebagai penulis tetap salah satu kolom di harian Suara Merdeka. Selain itu, saya juga pernah beberapa kali hadir di acara-acara dimana beliau menjadi pembicara. Nggak bisa untuk nggak ketawa setiap mendengar ceramahnya. Ya, Prie GS memang sangat humoris. Beliau ini orang Semarang juga lho!

Saya semakin nge-fans setelah menemukan akun twitternya; @Prie_GS , twitnya sederhana tapi penuh makna. Meskipun kadang bikin gemes (twitnya!).

Kembali ke buku Catatan Harian Sang Penggoda Indonesia: Renungan Sehari-hari seorang budayawan, penuh humor dan kedalaman. Biasanya saya agak malas baca buku yang isinya ‘renungan’, karna isinya pasti penuh dengan bahasa dan kata-kata yang serius. Tapi di buku ini, Prie GS mengemas semua nasihat dan renungan dalam bahasa yang ringan, mudah dipahami, dan tak jarang bikin geli. Semuanya dia ceritakan secara jujur, dan mengambil contoh dari kejadian pribadi setiap hari. Meskipun begitu, tetap saja membuat saya berpikir, untuk kemudian meresapi maknanya.

Lihat saja judul-judul tulisannya ; Nonton Uber Cup, Persaingan Saya dengan Bae Young Jun, Parkir di Depan Rumah, Pemilihan RT di Kampung Saya, Di Rumah Saya Ada Sarang Tawon, dan lain-lain, Benar-benar diambil dari kejadian sehari-hari! Kisah Sederhana yang memiliki pesan mendalam, sungguh ‘menggoda’!

Berikut ini saya kutip beberapa tulisan yang saya suka:

Anak Yang Selalu Mencium Tangan Ibunya

Pertengkaran orangtuanya di depan umum adalah satu hal, dan rasa hormatnya kepada orang tua adalah hal lain. Ia berhasil memisahkannya dengan nyaris sempurna. Tangan sang ibu itu selalu dia cium saat ia akan pergi. Darinya ia selalu minta restu karena lewat rahimnyalah ia lahir ke dunia….Bahwa orang tua boleh keliru, tapi rasa hormat kita kepadanya, tidak boleh dikacaukan oleh sekadar kekeliruan.

Berteman Dengan Penyakit

(kisah Prie GS tentang bunga hiasnya yang malas dia rawat karna ada jamurnya)

Hampir saja saya membatalkan kembali niat merawat bunga ini karena perasaan jengkel dan putus asa. tetapi kalau saya berhenti di tengah jalan, saya cuma akan dikalahkan oleh sebangsa jamur…… Lalu kesibukan saya kemudian adalah berperang dengan bakteri ini….jadi penyakit itulah yang membuat saya terus menerus berdekatan dengan tanaman itu tanpa saya sadari. Sejak itu, tafsir saya atas penyakit segera berubah. jangan-jangan penyakit adalah alat untuk mendekatkan yang jauh, mengingatkan yang terlupa, dan untuk menemukan kembali yang hilang…

Karena Ia Sudah Terlalu Lama Di Sana

(Kisah tentang benda-benda lama di rumahnya yang sudah menumpuk dan tidak diperhatikan lagi)

Ada begitu banyak barang, benda, dan manusia yang karena ia telah terlalu lama ada di sana, tetap di tempatnya sehingga ia seperti bukan apa-apa, bukan siapa-siapa. Padahal ketika ia saya tatap ulang, baru terasa betapa saya ini kaya raya…

Sebagai orang yang suka baca buku, Saya merasa bahagia karena telah memiliki buku yang sarat nasihat hidup ini. Rasa-rasanya kemanapun saya pergi, ingin selalu saya bawa, saya baca kembali, saya resapi lagi maknanya..

gambar diambil dari sini.


2 responses to “Prie GS : Catatan Harian Sang Penggoda Indonesia

Leave a Reply

