Rectoverso The Movie

tumblr_mg91joX4Hw1rtzqnyo1_500

Setelah Perahu Kertas, kali ini giliran Rectoverso yang kisahnya diangkat ke layar lebar. Kali ini saya agak telat nontonnya, 2 minggu setelah penayangan perdananya. Beda dengan Perahu Kertas yang dalam jangka waktu sebulan pemutaran masih tetep rame penonton, Rectoverso lebih sepi.

Balik ke tahun 2008 ketika saya membeli buku ini, waktu itu Dee berkata kalau sebaiknya buku ini dibaca sambil mendengarkan lagu di CD yang memang diciptakan untuk tiap cerita. CD dijual sepaket dengan bukunya. Tapi kalau mau beli bukunya tok, atau CD nya tok, atau sepaket langsung, ya nggak papa juga, karna itulah makna dari Recto Verso. Dua hal berbeda yang masing2 bisa berdiri sendiri, atau bisa juga digabungkan untuk mendapatkan sesuatu yang baru. Sama seperti Kopi dan Susu.

Saya sudah lupa isi bukunya, tapi saya sengaja nonton tanpa membacanya lagi terlebih dahulu. Meskipun demikian, ternyata ada satu cerita yang masih saya ingat benar, yaitu kisah si Abang yang diperankan secara apik oleh Lukman Sardi. Mungkin karena itu satu2nya cerita yang lagunya dibikin video klip “Malaikat Juga Tahu”.

images

Ada 5 cerita pendek di film ini. Ada yang mirip dan ada yang berbeda dengan versi buku. Semuanya kisah sedih, tapi menurut saya yang paling sedih justru ketika ada seorang perempuan yang bercerita kalau dia sedang jatuh cinta.

Aku sampai di bagian bahwa aku telah jatuh cinta. Namun orang itu hanya dapat kugapai sebatas punggungnya saja. Seseorang yang hadir sekelebat bagai bintang jatuh yang lenyap keluar dari bingkai mata sebelum tangan ini sanggup mengejar. Seseorang yang hanya bisa kukirimi isyarat sehalus udara, langit, awan, atau hujan.

imagess

Kalau kamu, bagian mana yang paling kamu suka sekaligus bikin sedih? *brb ambil tisu*


5 responses to “Rectoverso The Movie

Leave a Reply

