Ikutan Kelas Inspirasi Semarang

DSC05175

Bangun mimpi anak Indonesia

Jadi ceritanya, September kemaren saya baru saja ikutan rangkaian acara dan kegiatan Kelas Inspirasi yang pertama kali diadakan di Semarang. Bener-bener baru bisa istirahat nih, jadinya postingan di blog juga telat.😀

Apa itu Kelas Inspirasi (KI) ? KI adalah sebuah gerakan (yang sangat mulia), yang mengajak para profesional untuk turun tangan langsung, meluangkan waktunya sehari, demi bisa berbagi cerita tentang profesi mereka kepada adik-adik Sekolah Dasar (SD). Tujuannya? Agar mereka bisa terinspirasi untuk menggantungkan cita-cita mereka setinggi langit. Para profesional ini kemudian disebut relawan.

Relawan? Nggak dibayar dong berarti? Memang. Semua yang terlibat di KI ini memang tidak dibayar. Mereka melakukan semuanya dengan sukarela. Mengetahui bahwa adik-adik itu bersemangat menceritakan cita-citanya, itu adalah bayaran yang tak akan pernah habis buat kami. Buat saya.

DSC05372

Adalah Galuh Dhika –Fasilitator – yang juga ikutan komunitas Loenpia bareng sama saya, yang pertama kali menginfokan tentang KI yang akan diadakan perdana di Semarang. Saya yang memang suka sama kegiatan “beginian” , tanpa pikir panjang, langsung ikutan daftar . Ada dua kategori relawan yang harus dipilih; Relawan Pengajar dengan syarat minimal sudah 2 tahun menekuni bidang pekerjaan, dan juga relawan Fotografer /videographer dengan syarat memiliki kamera dan peralatan sendiri. Satu syarat yang harus dipenuhi oleh calon relawan adalah; mau cuti satu hari.

Saya akhirnya mendaftar menjadi relawan fotografer, soalnya saya paling nggak bisa kalau disuruh ngomong di depan. Kalau daftar jadi relawan pengajar, bisa-bisa nanti krik krik di dalam kelas😀

Butuh waktu satu bulan dari pendaftaran sampai akhirnya saya mendapat email kalau saya lolos seleksi menjadi relawan fotografer (yang portfolionya Cuma dari instagram😛 ). Saya buru-buru cek ke website www.kelasinspirasi.org , ternyata memang ada nama saya di sana. Yang bikin ngeper adalah ketika melihat daftar relawan lainnya. Glek, profesinya macam-macam dan hebat-hebat. Sebut saja; dokter, supervisor akunting, owner, dosen,direktur, dan masih banyak lagi. Yang bikin lebih merinding adalah fakta bahwa orang-orang hebat ini masih mau meluangkan waktu sehari untuk berbagi, tanpa dibayar. Glek. Total relawan adalah 179orang dengan 33 fotografer, termasuk saya.

Agenda selanjutnya adalah briefing yang diadakan tanggal 13 September, Hari Sabtu pagi, jam 7.30. Takjub rasanya melihat semangat mereka-mereka terutama yang dibela-belain datang briefing padahal domisilinya di luar kota. Saya yang datang telat jadi malu sendiri.

Pada acara briefing ini, kami diberi pengarahan singkat tentang apa-apa saja yang harus dipersiapkan di Hari Inspirasi tanggal 25 September 2014. Saya yang ikutan briefing bareng relawan fotografer rasanya nervous banget. Mereka sepertinya sudah pro semua. Hehehe!

Selain pengarahan, kami juga disuguhi tontonan video Kelas inspirasi yang bikin nangis sesenggukan. Asli terharu banget! Puncak acara, semua relawan berkumpul dengan kelompoknya masing-masing.

Berkumpul dengan orang-orang yang baru pertama kali saya temui. Oh ya, masing-masing kelompok juga diberi tahu plotting SD yang akan dikunjungi dari total 13 SD di Semarang. Saya Sendiri tergabung di kelompok 12 – SD Kanisius Cabean Semarang bersama 8 relawan pengajar, 2 fasilitator, 1 fotografer, dan 1 videografer lainnya. Teman baru!🙂

relawan pengajar

DSC05436

Nggak Cuma berkenalan, kami sekelompok juga harus mempersiapkan A-Z untuk Hari Inspirasi. Dari mulai lesson plan, alat bantu peraga, survey, rencana dan perlengkapan untuk opening dan closing, bahan ajar, pembagian jadwal dll yang semuanya dirangkum dalam satu modul yang harus dipelajari terlebih dahulu. Untuk relawan dokumentator pun ada modul panduan sendiri yang harus dipelajari baik-baik dari mulai apa-apa yang boleh & tidak boleh didokumentasikan, criteria foto& video yang harus diberi watermark & disubmit ke panitia, dan masih banyak lagi. Ya, ini memang project serius.

Kamis, 25 September 2014, 6.30am

DSC05462

Saya sudah berada di SD Kanisius Cabean semarang bersama teman-teman lainnya yang tampak sibuk mempersiapkan diri. Murid-murid sudah datang. Ibu Kepala Sekolah dan para guru juga sudah rapi. This is it.

DSC05088

Ah, baru melihat adek-adek berbaris rapi menyambut kami saja, saya sudah pengen nangis rasanya.

Setelah opening ceremony, satu-persatu relawan pengajar memasuki ruang-ruang kelas dan mulai bercerita tentang profesi mereka. Tanggapan adek-adek? Beragam. Ada yang antusias, ada yang biasa saja, ada yang nggak peduli..yah namanya juga anak-anak. Tapi melihat mereka bersemangat menuliskan cita-cita di pohon impian, seperti membuktikan kepada kami bahwa misi kami ini berhasil. Apalagi sambutan dari pihak sekolah-kepala sekolah & guru-guru- yang tak henti henti mengucap terimakasih atas adanya acara ini, membuat saya lagi-lagi pengen nangis.

DSC05264

DSC05358

DSC05445

DSC05489

DSC05211

DSC05316

DSC05115

Sampai hari ini saya belum bisa move on dari acara KI kemarin. Dan tiap melihat foto-fotonya, saya seperti masih berada di sana, di tengah adik-adik yang berisik dan selalu bikin ketawa itu. Terutama, adik-adik kelas 5 yang selalu heboh😀

DSC05566

DSC05378_

Senang rasanya bisa menjadi bagian dari Kelas Inspirasi Semarang, kalau tahun depan ada lagi, saya mau ikutan lagi. Semoga kegiatan ini benar-benar bisa menginspirasi adek-adek untuk meraih cita-cita yang lebih tinggi dari kami. Amin.

ps: foto-foto lain bisa dilihat di instagram : mbandah😉


7 responses to “Ikutan Kelas Inspirasi Semarang

Leave a Reply

