Utees.me : Gambarkan Kaosmu, Kaoskan Gambarmu

utees front

Hmm.. bener jugak.

Setiap karya itu mahal. Apalagi kalau karya itu berasal dari buah pemikiran yang diberi sedikit sentuhan imajinasi, apapun itu bentuknya; Foto, tulisan, gambar, musik, ukiran, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, karya-karya tersebut seringkali tidak dihargai sebagaimana mestinya. Baik oleh orang lain, atau bahkan oleh si empunya karya itu sendiri. Padahal, penghargaan terhadap sebuah karya itu penting untuk memacu kita agar terus semangat berkarya.

Lalu seperti apakah bentuk penghargaan terhadap karya tersebut? Tentu saja tidak melulu soal uang dan materi. Bentuk penghargaan lainnya yaitu melihat karya kita dipajang dan dipamerkan ke banyak orang, ditambah lagi, ada orang lain yang ikut menggunakan atau memakai karya kita. Pernah membayangkan nggak gimana bangganya?

Pertanyaan selanjutnya adalah; bagaimana caranya biar karya kita bisa dikenal banyak orang? Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan membawanya kemana-mana dan menunjukkannya ke banyak orang, atau dengan kata lain: memakainya. Pilihan medianya banyak, tapi yang selalu eye-catching adalah kaos atau t-shirt. Sering banget kan kita ngelirik atau bahkan menoleh ketika ada orang melintas gara-gara gambar atau design kaos yang dia pakai bagus?

*****

Saya sendiri termasuk orang yang suka banget pake kaos. Nggak cuma pas santai saja, tapi hampir setiap waktu karena kebetulan kantor saya membolehkan karyawannya pake kaos. “Pakaian boleh santai yang penting kerja serius”, kira-kira begitu pesan pak Bos waktu saya pertama kali kerja.. hihihi. Rata-rata kaos yang saya punya adalah kaos band idola dan kaos tema musik. Carinya susah-susah gampang. Contohnya kaos bergambar mas gitaris ganteng idola saya, John Mayer. Carinya susaaaah banget. Kalopun ada, desainnya itu-itu aja. Norak dan asal cetak. Mungkin karna musisi-musisi seperti dia ini punya segmented fans kayak saya *halah* , jadi yang produksi juga dikit. Kalo udah gini, Saya jadi pengen desain kaos John Mayer sendiri. Tapi gimana caranya? Nggambar pohon saja failed.😀

***

Gayung bersambut. Ide tentang gambar yang dijadikan kaos custom ini seperti ketemu jodohnya setelah saya mengenal, dekat dan mendengarkan ‘curhat’ teman-teman yang jago menggambar tulisan alias Lettering Art.

Buat yang belum tahu, Lettering Art adalah hal yang baru buat saya dan dalam sekejap bisa membuat saya kagum. Saya mengagumi cara mereka memainkan pensil-pensil gambar di atas kertas membentuk himpunan-himpunan huruf yang indah dipandang.

DSC01252

 

bewok

 

Saya lalu jadi kepengen dibuatkan Lettering art tentang John Mayer buat dibikin desain kaos.. hihihi..😀

Utees JM 2

Utees JM 1

utees JM3

 

Saya pernah bertanya kepada salah satu dari mereka : “gambar-gambar kalian yang bagus-bagus itu nantinya diapain?” , jawabnya : “ ya disimpan aja sketchbooknya, dirapikan biar nggak hilang”. Beberapa dari mereka memang sudah mulai mencetak gambarnya dalam bentuk print kaos. Tapi sayangnya, mereka masih menemui beberapa kendala, contohnya kalau mereka menggunakan jasa vendor untuk print t-shirt, biasanya mereka dikenakan jumlah minimal cetak mulai dari 10-12pcs per produksi untuk mendapatkan harga yang lebih murah per potongnya. Walaupun demikian, tetap saja jatuhnya mahal kalau harus cetak banyak. Ditambah lagi, mereka masih harus menjual sisanya kepada orang lain. Untuk mereka yang baru saja memulai bisnis, tentu saja hal ini cukup memberatkan.

Kendala lain yang sering ditemui yaitu hasil akhir yang tidak sesuai dengan design t-shirt awal yang mereka ajukan. Dilema memang, mau rutin mengawasi produksi di vendor kok nggak punya waktu karna mereka juga punya kesibukan lain, giliran nggak diawasi, eh, hasilnya nggak sesuai harapan.

Solusi yang tepat untuk teman-teman hand-letterer ini mungkin adalah mencetak sendiri karya-karyanya menjadi custom t-shirt yang desainnya bisa diedit sendiri, banyaknya kaos bisa ditentukan, plus gak pake mahal. Enak kan? Tapi ada nggak ya tempat bikin kaos yang kayak gitu?

ADA! Namanya Utees.me . Apa itu?

007973700_1440656171-Utees.me

Utees.me yang mengusung tagline Design Your Own T-Shirt ini adalah media yang cocok buat mereka yang pengen karyanya dicetak di kaos dan dipakai sendiri. Bonusnya, kaos tersebut bisa dibeli dan dipakai oleh orang lain tanpa ribet, Nggak menyita banyak waktu, sekaligus tanpa butuh banyak modal (cukup desain yang kece saja) karena semua proses dari pemesanan sampai shipping diurus sama Utees. Masih kurang? Utees akan memberi $ 1,11 untuk setiap design kaos yang terjual. Seems legit, huh?

Trus gimana caranya membuat Design T-shirt Online lewat Online T-shirt Creator ini ? Susah nggak? Sama sekali enggak! Di web Utees.me sudah disediakan tutorial desain kaos yang lengkap dan mudah dipahami, plus template, aneka font dan animasi. Jadi, nggak perlu khawatir deh!

Apakah Utees.me hanya bisa digunakan untuk mereka yang mendesain lewat komputer saja? Tentu saja tidak. Para Hand-Letterer dan teman-teman lain yang punya hobi menggambar dengan tangan di atas kertas (free-hand) bisa juga kok bikin kaos di sini. Caranya gimana? Ya di-scan dulu dong hasil gambar free hand-nya. Baru dilanjutkan dengan proses editing sesuai tutorialnya seperti di bawah ini.

utees_EIHTB[1]

 hasil scan gambar

utees_edit[1]

Proses upload gambar & edit di Utees.me

Satu hal yang agak sedikit ‘mengganggu’ di dalam proses upload gambar scan free hand adalah kualitas presentasi dengan dengan format gambar JPG yang membuat framenya terlihat ‘kotak’ di preview kaos. Beda lagi jika file yang di-upload menggunakan format PNG yang hasilnya tampak lebih nge-blend alias menyatu. Jika kamu punya skill editing gambar menggunakan Corel atau AI, problem ini bisa dipecahkan dengan cara mengedit file JPG menjadi PNG. Harus ekstra sabar tapi ya, karena proses editing ini cukup lama, apalagi kalau gambarnya detail..hihihi.😀

Selain memperbaiki presentasi dengan format file JPG, saran lain untuk Utees.me dari saya adalah dengan menambahkan tahap preview pada proses editing yang dilengkapi dengan tombol ‘undo’ atau kembali ke langkah sebelumnya sehingga para desainer, baik yang menggambar di komputer maupun di kertas, entah yang sudah expert maupun yang masih pemula, semuanya bisa ikut berkarya bersama Utees.me tanpa kecuali. Betapa bahagianya ya ada kemudahan seperti yang Utees.me ini tawarkan.😀

Setelah membuat tulisan ini, saya jadi kepikiran buat memberitahukan “kabar gembira” tentang keberadaan Utees.me ini sama temen-temen Hand Letterer di Semarang, mumpung masih pada semangat berkarya😀

Kamu boleh juga lho menceritakan tentang Utees .me ini kepada kerabat dekat yang hobi gambar, atau, jangan-jangan malah kamu sendiri yang lagi pengen bikin kaos custom yang ekslusif dengan harga terjangkau dan dengan kualitas kaos yang oke?

Nah, tunggu apa lagi, ambil kertas atau nyalakan komputer lalu segeralah gambarkan kaosmu dan kaoskan gambarmu dengan Utees.me . Selamat berkarya!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: