Yoga Bikin Kurus?

yoga3

Tulisan ini saya buat berdasarkan pertanyaan-pertanyaan  sekaligus komentar-komentar dari beberapa teman yang meluncur begitu saja, seringnya tanpa aba-aba dan tanpa basa basi😀

Pengen ikut yoga, tapi mahal

Yoga nggak Cuma asal praktek pose aneh kayak yang orang-orang lihat (seperti yang saya pikirkan dulu). Yoga yang artinya United atau Satu adalah ilmu atau latihan yang melibatkan tiga hal sekaligus ; pernafasan, tubuh, dan pikiran. Oleh karnanya, setelah rutin berlatih yoga, badan kita akan jadi lebih sehat , pikiran jadi tenang, less stress. Bonusnya, badan jadi lentur. Itulah kenapa kelas-kelas yoga harganya relatif lebih mahal dari kelas lain seperti aerobic dan zumba yang juga lagi ngetren; guru-guru yoga belajarnya  berat dan nggak singkat.

Tapi sekarang ini kayanya udah banyak banyak banget kelas-kelas yoga yang bisa diikuti oleh semua kalangan; cowok,cewek,anak-anak, serta prenatal (untuk ibu hamil). Jadi, tinggal survey aja dan pilih yang sesuai sama waktu luang dan budget.

yoga4

Mz Adam Levine aja ikut yoga

Pengen ikut yoga, tapi kayanya nggak cepet bikin kurus

3 dari 4 teman yang sempat tanya-tanya tentang latihan yoga selalu berakhir dengan kalimat sejenis seperti ini : kayanya ga cepet bikin kurus ya ? kan Cuma latihan napas aja, gak bikin keringetan. Kalo saya lagi males ngomong banyak, biasanya saya Cuma jawab singkat “iya” sambil ketawa kecil😀

The Fact is, Kecuali kamu mau latihan yoga setiap hari plus disiplin diet, lupakan target cepat kurus. Saya yang udah 7 bulan rutin latihan saja masih segini-gini aja badannya. Soalnya kebiasaan ngemil masih belum bisa ditinggalkan. Tapi, saya merasa jauh lebih sehat dari sebelumnya. Pikiran dan hati saya jauh lebih tenang. Saya merasa jauh lebih bahagia. Si pacar yang ikut latihan yoga juga mengaku sekarang lebih bisa mengendalikan emosi.

Kesimpulan dari tulisan ini adalah, jika kamu sedang galau milih olahraga apa, mending tentukan dulu tujuan yang pengen kamu capai. Contohnya seperti ini :

Murah  dan gampang : Jalan Kaki, Lari, bersepeda

Murah, gampang, refreshing : trekking, hiking

Murah, gampang,  suasana ceria : dance, zumba

Sehat, berkeringat, pikiran tenang, kurangi stress, meditasi, badan lentur, mengurangi banyak keluhan penyakit (terapi), bonus pose2 cantik buat difoto : yoga😀

yoga2

Dengan mengetahui apa tujuan awal dan target yang pengen dicapai, kita akan lebih mudah memilih olahraga yang cocok buat kita. Dan kalo udah cocok biasanya bakal awet terus. Contohnya kayak saya sama yoga. Saking cintanya, saya sampai ikut dua kelas dengan dua guru yang berbeda buat perbandingan.😀

Well, apapun pilihan kamu, semoga selalu konsisten olahraga ya biar sehat terus! Let’s get sweat!

 

 

 

 


2 responses to “Yoga Bikin Kurus?

Leave a Reply

