Menang Giveaway Kontes Video

Kalo boleh jujur, sekarang ini saya masih dalam keadaan belum bisa move on sepulang dari nonton konser Coldpay di Bangkok. Padahal udah sebulan lewat, tapi rasa seneng dan euforia nya belum ilang. Saya masih merasa merinding dan kepengen mewek tiap kali menonton ulang video-videonya. Saya merasa masih ada “di sana”. Gagal move on ini ikut mempengaruhi mood nulis saya. Saya sebenernya kepengen nulis tentang John Mayer sama Bruno Mars, tapi apa daya, mood itu belum datang juga. Moodnya masih tentang Mas Chris melulu. 😀

Anyway, untuk mencoba mengembalikan “kesadaran”, saya mulai dengan menceritakan pengalaman menang kontes video yang diadakan oleh Goenrock beberapa waktu lalu.

Siapa itu Goenrock?

Goenrock atau Mas Gun adalah fotografer, videographer serta Cinematografer yang karya nya keren-keren. Sejak punya hobi video-videoan ini, saya selalu ngikutin update dari dia terutama tutorial-tutorial videografinya. Karya-karya kerennya bisa dilihat di Instagram & YouTube : Goenrock.

Singkat cerita, pertengahan Maret lalu Mas Gun lewat channel YouTube nya mengumumkan kalau dia berkerja sama dengan Plaza Kamera (toko kamera & perlengkapannya) akan mengadakan kontes video dalam rangka ulang tahunnya dengan hadiah 1 unit Motorized Slider yang kece banget. Syarat ikutan kontes video ini di antaranya harus membuat video sekreatif mungkin dengan durasi maksimal 3 menit, dan diunggah ke channel Youtube masing-masing peserta. Kontes ini ditutup pada tanggal 31 Maret, atau dengan kata lain, waktu yang diberikan kurang dari satu bulan!

Persiapan

Waktu yang ada untuk membuat video kurang lebih hanya dua mingguan saja. Sementara waktu itu saya lagi susah-susahnya konsentrasi. Di samping kerjaan kantor yang lagi banyak, saya harus prepare buat ke Bangkok. Berhubung ini konser besar pertama yang bakal saya datangi, internasional pula, jadi saya merasa harus prepare semuanya, informasi tiket, transportasi, tempat-tempat penukaran tiket fisik di Bangkok, lokasi dan jam pengambilan, pokoknya A-Z saya persiapkan sendiri, panduan saya baca berkali-kali. Pokoknya jangan sampai ada yang terlewat atau sekian Rupiah bakal terbuang percuma dan menyesal selamanya. Ide tentang konsep video sudah ada di kepala, tapi masih saya simpan.

Konsep dan Eksekusi

Konsep video nggak jauh-jauh dari si pacar dan lettering artnya. Yaa.. soalnya memang Cuma dia yang bisa diandalkan dan mau diarahkan (mau atau pasrah ya 😀 ). Selain itu, video tentang Lettering Art dari para hand-letterer di Indonesia sepertinya masih jarang. Kalau ada pun kebanyakan timelapse tok. Jadi saya pikir tema ini masih tergolong unik.

Hal kedua yang harus dipikirkan yaitu tempat. Tadinya sih saya kepengen mengekspos alat-alat gambarnya si pacar yang banyak macamnya itu, tapi itu berarti saya bakal butuh satu tempat atau ruang yang luas, sementara rumah kami kurang memadai. Sempat terpikir di co-working space, tapi sepertinya tidak terlalu membantu karena sekarang ini co-working space (khususnya di Semarang) cenderung ramai, baik itu ramai buat event, maupun buat nongkrong. Terpikir juga buat syuting outdoor. Eh, tapi, ada nggak ya ruang publik di Semarang yang asik dan nyaman? 😀 Sempat juga mampir di salah satu kafe yang interiornya klasik dan apik, sudah sempat syut malah, tapi, kami terpaksa menghentikan proses syut karena ketika beranjak petang, tiba-tiba kami diserbu nyamuk banyak (kebetulan di outdoor), nggak ada anti serangga pula di kafe tersebut. Hufft.

Waktu terus berjalan sementara kami belum nemu tempat yang cocok. Nggak kerasa, waktu yang tersisa buat submit video tinggal semingguan. Tadinya sempat mau cancel aja, tapi nggak tau dapet ilham dari mana, semuanya tiba-tiba mengalir gitu aja. Konsep awal buat mengekspos alat-alat gambar saya hilangkan, berganti sama konsep sederhana : nggambar di kafe, dari pertama datang sampai pulang. Udah, itu aja. Dengan konsep begitu, tentu saja saya nggak perlu repot-repot cari tempat luas, meja besar, dan ruang gerak yang leluasa seperti kalau pakai konsep pertama. Cukup apa adanya.

Akhirnya, video saya buat di Kofinary, salah satu coffeeshop yang lumayan ngehits di Semarang, tempatnya kecil, sempit, kapasitas sedikit, tapi somehow cozy. Kopinya juga lumayan. Saya sengaja datang ke sana dari siang, mumpung belum ramai. Total syuting 6 jam dengan 1 gambar salah, jadi harus mulai gambar dari awal. Mulai syuting dari awal juga tentunya. 😀

Selama 6 jam saya hanya mengarahkan kamera fokus ke proses menggambar dan sekeliling ruangan saja. Sisanya paling beberapa kali nyuruh mas pacar duduk, berdiri, jalan masuk, jalan keluar, nyruput kopi,  geser kanan, geser kiri .. untung orangnya sabar 😀

Tantangan ke dua setelah video jadi yaitu A U D I O. karena belum punya mikropon yang memadai, mau nggak mau saya harus rela merekam suara saya pake voice recorder di hape. Susah nggak? Tentu saja! Terhitung sampai 11 kali saya merekam suara sampe benar-benar sesuai keinginan. Intonasi yang kurang, logat yang medhok, suara kendaraan lewat, suara abang bakso, suara cicak, sampai suara jarum jam turut mengganggu proses rekaman. 😀

Video saya submit H-1 dari batas maksimal pengumpulan video. fiuhh.. akhirnya. Kata mas Gun, pemenang akan diumumkan pada bulan April. Berikut ini video saya.

Pengumuman Pemenang

April sudah melewati pertengahan tapi belum ada tanda-tanda pengumuman juga, sampai pada suatu siang, saya diberi tahu oleh salah seorang teman di sebuah grup chat kalau saya menang kontes video Goenrock! Kaget, seneng, nggak percaya. Saya langsung buru-buru cek channel youtube Mas Gun. Ternyata bener! Woohooo

Meskipun saya Cuma pemenang kedua dan nggak jadi dapet motorized slider, tapi saya tetep seneng karena bisa mengalahkan 70an kontestan lain, yang menilai sekelas Mas Gun pula! Sebagai pendatang baru dalam dunia pervideoan, saya merasa bangga dan berprestasi *halah

berikut ini video pengumuman pemenangnya

Hadiah yang saya dapatkan yaitu Aputure Amaran LED lights H-160 yang nggak kalah kece. Nggak perlu bingung lagi sekarang kalau mau bikin video di tempat low light. Semoga abis ini jadi tambah semangat lagi buat belajar bikin video yang lebih bagus. Amiin.

Jangan lupa subscribe ke channel youtube saya yak! 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s