Harry Styles : Debut Album

hs

Apa yang terlintas di pikiranmu kalo denger nama boyband Inggris One Direction? Pasti 99% bakal jawab sama kayak saya : cowok-cowok ganteng 😀 . yes, One Direction memang beranggotakan cowok-cowok muda ganteng asal Inggris yang memulai karirnya dari sebuah ajang pencarian bakat. Saking ganteng-gantengnya, guyonan “dia lebih cocok jadi anggota One Direction” sering banget terdengar. Bahkan Chris Martin nya Coldplay aja sampai ngomong gitu ke bassistnya yang ganteng; Guy Berryman 😀

Kabar terbaru dari boyband yang sempat mencetak rekor pendapatan kotor tertinggi dari tur konsernya  pada tahun 2014 ini  yaitu pengumuman hiatus alias break untuk memberikan kesempatan kepada para personelnya untuk mengejar project lain di luar band started from March 2016.

Niall Horan jadi yang pertama memulai project solo nya setelah Zayn Malik yang lebih dulu cabut dari One Direction (1D) . Single milik Niall yang berjudul This Town kemudian sempat berada di jajaran atas beberapa tangga lagu internasional pada akhir tahun 2016 sampai awal 2017 kemarin. Sama seperti Zayn, lagu-lagu dari Niall bisa dibilang “modern”, dengan unsur pop-beat terutama di single baru nya Slow Hands.

harrypink

Personel 1D lain yang juga mencoba bersolo karier yaitu Harry Styles. Berita tentang Dek Harry yang baru berumur 23 tahun ini sering banget muncul di timeline saya (ketahuan follow akun-akun infotainment-gosip-internasional 😀 ) terutama di minggu-minggu terakhir ini, gak ketinggalan, di beranda Spotify. Usut punya usut, ternyata cowok berambut gondrong ini abis merilis album perdananya hari Jumat, 12 Mei kemarin. Album bertajuk Harry Styles ini berisi 10 lagu dengan single andalan Sign of The Times. Apa yang membuatnya menarik dan berbeda dari lagu-lagu musisi lain yang seumuran?

Ketika mendengar Sign of The Times untuk pertama kali, saya mendadak merasa nostalgia. Seperti kembali ke masa-masa 90an ketika music alternative rock masih Berjaya. Pas dengerin keseluruhan lagu dalam albumnya lebih-lebih lagi. Beneran beda banget sama tipikal musik artis-artis baru yang cenderung ngebeat. Selama mendengarkan lagu-lagu dek Harry, pikiran saya malah sibuk menebak-nebak kaya lagunya siapa aja. Karakter suara dek Harry inipun serasa mirip seseorang, sejenis Steve Tyler, Axl Rose, Thom Yorke atau siapa gitu.

Kalo lagu-lagunya, berasa ada kemiripan sama lagu-lagu Muse, Radiohead, Roxette, Collective Soul, Blur, U2, dan entah siapa lagi. Menurut saya, dek Harry cukup berani untuk bermain musik dengan aliran ini. Suaranya yang tinggi dan nge-rock untungnya juga mendukung banget.

Untuk live performance, Harry Styles masih terlihat agak canggung. Ini bisa dimaklumi mengingat selama ini dia selalu tampil bareng 4 (terakhir 3) cowok lainnya di atas panggung. Bayangin aja, yang biasanya perhatian penonton nyebar, sekarang fokus ke dia seorang. Yang biasanya wardrobe nya diatur (dan mungkin disamakan), sekarang harus disiapkan dan dirancang sendiri.  Dengan situasi seperti ini, tampaknya Harry harus bersiap menghadapi dua hal ; ditinggal fans-fans 1D dan atau dikerubuti fans-fans baru, mengingat lagu-lagu barunya ini bukan lagu “cute” ala 1D dan penampilan Harry sekarang lebih menuruti keinginannnya sendiri. Yang saya perhatikan sih, beberapa kali dia tampil dengan celana cutbray berwarna ngejreng. Mengingatkan saya sama penampilan personel band Australia, JET.

harry_styles_mobile_top

Selain Sign Of The Times, lagu kesukaan saya di album Harry Styles ini yaitu Meet Me in the Hallway, Sweet Creature, Two Ghosts, Only Angel, Ever Since New York, lho.. ternyata saya suka semuanya 😀 jarang-jarang lho ini saya suka semua lagu dalam satu album punya anak muda 😀

Rumor tentang 1D yang entah mau lanjut atau bubar masih belum jelas. Tapi semoga aja Harry Styles masih konsisten di jalurnya ini. Semoga dia enggak cepet bosen atau cepet berubah haluan ngikuti tren musik kekinian  dan meninggalkan ‘style’ nya ini. Bagaimanapun juga, alternative rock dan Britpop perlu regenerasi biar nggak punah. Setuju nggak? 😀

image source : google

Advertisements

5 thoughts on “Harry Styles : Debut Album

  1. Abdul Jalil says:

    Kirain musiknya bakal ngikutin musiknya zayn,smpet skeptis,tapi trnyata lebih cnderung ke alternative ya.oke kalo gtu ,langsung cri lagunya..kangen jga musik2 ginian..dah agak jenuh ada edm,dan musik mainstream yg skarang..

    Kalo sempet mampir juga ya mba ke blog reot ane..

  2. Desmagnata says:

    Yang masuk ke break it or make it nya Prambors minggu ini “Carolina” bikin ngewel mbandah…setelah didengerin woowww sama sekali gak nyangka! We never go out of Style 😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s